Komunitas Moluska....

KOMUNITAS MOLUSKA DI SEKITAR AREAL COLD STORAGE
PT. SHORENT BALI, KECAMATAN BANDA, MALUKU TENGAH 1) 2)


Oleh :
Johny Dobo 3)

Abstrak

Penelitian mengenai komunitas moluska di sekitar perairan Cold Storage PT. Shorent Bali, Kampung Baru, Kecamatan Banda telah dilakukan sejak bulan Juni – Juli 2005 dengan tujuan untuk menginventarisasi jumlah dan mengetahui status diversitas moluska di sekitar perairan tersebut. Pengamatan komunitas moluska dilakukan dalam tiga stasiun dengan metode transek kuadrat. Analisis data dilakukan berdasarkan petunjuk Ludwig and Reynold (1988).

Dari 69 petak kuadrat yang digunakan, telah dikoleksi 392 individu moluska yang terdiri atas 59 jenis dan berasal dari 22 famili yang mewakili kelas gastropoda (42 jenis dari 14 famili) dan kelas bivalvia (17 jenis dari 8 famili). Berdasarkan stasiun pengamatan, jumlah jenis moluska terbanyak ditemukan pada lokasi stasiun III (31 jenis), kemudian stasiun I (28 jenis) dan yang paling sedikit pada stasiun II (28 jenis). Rata-rata nilai kepadatan komunitas moluska antar stasiun pengamatan adalah 6.769 ind/m2 (stasiun I), 4.077 ind/m2 (stasiun II), dan 4.231 ind/m2 (stasiun III).

Hasil penghitungan nilai indeks keanekaragaman (diversity) dan indeks keseimbangan (eveness) menunjukkan bahwa komunitas moluska pada lokasi penelitian menunjukkan keanekaragaman yang tinggi, terutama pada stasiun III, dengan penyebaran jenis antar stasiun yang beragam dan menunjukkan adanya keadaan komunitas moluska nyaman dan stabil.

Kata Kunci: gastropoda, bivalvia, cold storage, inventarisasi, keanekaragaman, keseimbangan
___________________________
1) Penelitian dibiayai oleh Dana Rutin Kantor Koopertis Wilayah XII tahun 2005
2) Koleksi perpustakaan STP Hatta-Sjahrir Banda Naira
3) Pengajar pada Sekolah Tinggi Perikanan Hatta Sjahrir Banda Naira

 
© free template by Blogspot tutorial